Monday, August 20, 2018

Cara Mudah Cek Hardisk Bad Sector Dengan HD Tune

Banyak software yang digunakan untuk cek kesehatan hardisk, salah satunya yang paling mudah digunakan adalah HD Tune Versi Pro, Aplikasi ini juga saya pakai untuk cek kondisi kesehatan hardisk sampai saat ini. Ditempat saya bekerja, saya sering mengalami komputer lemot padahal ram sudah mumpuni untuk spec komputer sesuai kebutuhan aplikasi yang dipakai user, komputer lemot sendiri salah satunya bisa di sebabkan oleh kesehatan hardisk yang menurun, misalnya ada beberapa kerusakan pada sector-sectornya. Hardisk bad sector sendiri juga banyak penyebabnya, mulai dari arus tegangan yang diberikan PSU tidak normal, sering mati listrik mendadak, hardisk terjatuh, atau goncangan sendiri dari PC.


Aplikasi ini mampu mendeteksi kerusakan hardisk mulai dari yang ringan sampai berat, jika kita sudah mengetahui kondisi hardisk kita, maka kita bisa melakukan tindakan selanjutnya misalkan memperbaiki atau malah membuangnya😂, karena fungsi aplikasi ini sebenarnya hanya untuk mengecek kondisi hardisk saja, Jika memang ringan misalkan hanya beberapa saja yang bad sector bisa diperbaiki dengan aplikasi HDD Regenerator (baca disini), namun jika parah atau banyak bad sector maka langkah selanjutnya bisa dibawa pada tukang service hardisk, itupun biasanya juga hanya dapat mengambil data-data yang penting saja dan biayanya juga lumayan merogoh goceh anda😁. 





Setelah anda membuka aplikasi HD Tune Pro maka akan tampil tampilan diatas, untuk yang paling mudah pilih tab Erorr Scan kemudian pilih hardisk mana untuk dilakukan pengecekan, setelah dipilih pilih start.




Jika sudah klik start maka akan melakukan proses scan bad sector seperti tampilan diatas, jika hardisk dalam kondisi baik maka akan berwarna hijau semua, jika ada bad sector maka akan ada warna merah pada kotak-kotak kecil diatas. Lama proses scan bergantung juga pada besar kapasitas hardisk dan kerusakan hardisk. Biasanya ada yang memakan waktu sampai 12jam lebih untuk melakukan proses pengecekan atau scan. Untuk mendownload aplikasi HD Tune Pro bisa klik pada menu download. Terimakasih.





Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive